-->

Tiga Fungsi Tabung Reaksi dan Harga dan Cara Pakainya

Untuk seseorang yang kesehariannya bekerja di laboratorium tentunya sudah tidak asing lagi dengan tabung reaksi. Tabung reaksi sendiri merupakan sebuah alat yang berfungsi untuk mempermudah dalam melakukan kegiatan eksperimen di laboratorium.

Misalnya di dalam mikrobiologi tabung tersebut digunakan sebagai alat untuk menguji biokimiawi. Namun bukan hanya itu saja ternyata masih banyak lagi fungsi lainnya dari tabung berukuran kecil tersebut. Lantas apa saja fungsi dari tabung reaksi itu?.

Mengenal Lebih Dekat dengan Pengertian Tabung Reaksi

Seperti yang sudah diketahui sebelumnya, tabung reaksi  merupakan salah satu peralatan penting yang ada pada laboratorium sains. Di mana tabung berukuran kecil itu memiliki fungsi untuk mempermudah para penggunanya ketika sedang melakukan eksperimen di dalam laboratorium. Untuk tutupnya sendiri  biasanya dibuat dari bahan berupa plastik, metal, aluminium foil dan kapas.

Nantinya tabung berukuran kecil itu bisa kamu isi dengan berbagai macam bahan mulai dari yang bersifat cair, kental hingga padat. Sedangkan untuk dimensinya tabung tersebut memiliki ukuran yang cukup beragam mulai dari 10 mm, 20 mm hingga 200 mm.

Dikarenakan tabung itu hanya memiliki ukuran sepanjang telapak tangan manusia dewasa membuatnya sangat mudah untuk dipegang. Bahkan untuk memegangnya bisa dilakukan dengan menggunakan jepitan tabung.



Sejarah Tabung Reaksi

Tabung Reaksi pertama kali ditemukan oleh seorang ahli kimia Jerman bernama Emil Erlenmeyer pada tahun 1861. Namun, bentuk dan desainnya telah mengalami beberapa perubahan sejak itu.

Sebelum penemuan Tabung Reaksi, ahli kimia menggunakan botol, gelas, dan wadah lainnya untuk menyimpan dan mereaksikan bahan kimia. Namun, tabung reaksi memberikan keuntungan lebih dalam hal keamanan dan kemudahan penggunaan. Tabung reaksi terbuat dari kaca borosilikat yang kuat dan tahan terhadap suhu tinggi dan bahan kimia korosif.

Pada awalnya, tabung reaksi hanya tersedia dalam bentuk silinder sederhana dengan dasar datar. Namun, kemudian tabung reaksi diperkenalkan dengan bentuk dasar kerucut, yang dapat membantu mengaduk bahan kimia dengan lebih baik. Selain itu, tabung reaksi juga bisa memiliki tutup atau stoples untuk mencegah tumpahnya bahan kimia saat diaduk.

Hingga saat ini, Tabung Reaksi masih digunakan secara luas dalam laboratorium dan menjadi salah satu alat penting dalam praktikum kimia.

Tabung Reaksi

 

Tiga Fungsi dari Tabung Reaksi yang Belum Banyak Diketahui Oleh Masyarakat Indonesia

Selain berfungsi untuk mempermudah para penggunaannya dalam melakukan eksperimen di laboratorium, ternyata masih banyak lagi fungsi lainnya dari tabung reaksi itu. Adapun beberapa fungsi lainnya dari tabung reaksi yang belum banyak diketahui oleh masyarakat Indonesia seperti berikut ini.

Wadah untuk Mempelajari Reaksi Kimia

Fungsi berikutnya dari tabung berukuran kecil yang biasanya ditemukan di laboratorium itu yakin sebagai tempat untuk mempelajari reaksi kimia dalam skala kecil. Selain itu tabung ini juga sering dimanfaatkan oleh peneliti profesional untuk mempelajari reaksi dari dua campuran zat kimia.

Meskipun nantinya tabung itu digunakan sebagai tempat untuk mempelajari reaksi dari dua campuran kimia, kamu tidak perlu khawatir jika benda tersebut akan terbakar. Pasalnya tabung reaksi ini memiliki sifat tahan terhadap panas.

Sebagai Tempat Perkembangbiakan Mikroba

Perlu diketahui bahwa di dalam kegiatan penelitian tidak sedikit orang yang ingin mengembangbiakan mikroba. Tentunya agar proses perkembangbiakan mikroba itu bisa berjalan dengan lancar dibutuhkan sebuah tempat. Di mana salah satu rekomendasi wadah yang cocok digunakan sebagai tempat perkembangbiakan mikroba itu adalah tabung reaksi.

Alasannya dikarenakan tabung reaksi ini memiliki  corong yang bentuknya lebih tinggi sehingga cukup aman dijadikan sebagai wadah. Bukan hanya itu saja namun hampir sebagian besar mikroba itu bisa berkembang biak dengan baik di media air. Dengan begitu ketika kamu menggunakan tabung reaksi tidak perlu lagi repot-repot menampung air sesuai kebutuhan.

Untuk Pemanasan Sampel

Ternyata tabung reaksi itu juga bisa digunakan sebagai tempat untuk melakukan uji pemanasan sampel. Biasanya proses pemanasan sampel itu akan dilakukan dengan menggunakan beragam peralatan laboratorium misalnya gelas beker atau tabung reaksi.

Untuk cara pemanasan sampel menggunakan tabung reaksi sendiri akan dilakukan pada zat dengan jumlah yang kecil. Umumnya proses pemanasan itu dilakukan menggunakan api sama halnya dengan  Bunsen.

Mengetahui Macam Macam Peralatan Laboratorium Selain Tabung Kaca

Setelah memahami fungsi dari tabung reaksi, alangkah baiknya kamu juga perlu mengetahui macam-macam peralatan laboratorium yang masih berhubungan dengan tabung reaksi tersebut. Hal ini bertujuan agar nantinya kamu tidak kebingungan ketika ingin melakukan uji coba di laboratorium. Adapun beberapa peralatan laboratorium yang wajib diketahui selain tabung reaksi seperti berikut ini.

Rak untuk Menyimpan Tabung

Agar nantinya tabung reaksi itu tidak cepat rusak biasanya orang-orang akan menyimpannya pada tempat khusus seperti rak yang terbuat dari kayu. Tentunya harga dari rak kayu ini jauh lebih murah jika dibandingkan dengan tempat penyimpan tabung reaksi lainnya.

Meskipun harganya dibanderol dengan sangat terjangkau namun rak yang terbuat dari kayu ini terbukti sangat kokoh. Bukan hanya itu saja tetapi rak tersebut juga  memiliki sifat tahan lama.

Penjepit Tabung

Peralatan berikutnya yang biasanya akan kamu temukan di laboratorium yaitu penjepit tabung. Sama halnya dengan namanya aksesoris tersebut memiliki fungsi utama untuk menjepit atau memegang tabung. Umumnya alat ini akan digunakan ketika para peneliti sedang melakukan uji pemanasan menggunakan api.

Tidak hanya itu saja namun penjepit tersebut juga memiliki fungsi untuk mencegah agar tabung tidak bersentuhan langsung dengan tangan. Untuk materialnya sendiri penjepit tabung ini ada yang dibuat dari aluminium atau kayu. Nah, jika dalam hal ini kamu sedang mencari penjepit tabung dengan harga terjangkau disarankan untuk membeli yang terbuat dari kayu.

Cara Penggunaan Tabung Reaksi

Untuk penggunaan dari tabung reaksi sendiri terbilang sangatlah mudah dilakukan. Dalam hal ini kamu hanya perlu pengaruhnya terlebih dahulu gerak khusus. Kemudian tinggal mengikuti langkah-langkahnya seperti berikut ini.

  • Langkah pertama silahkan untuk meletakkan tabung reaksi itu ke dalam rak khusus terlebih dahulu.
  • Setelah itu silahkan  memanaskan tabung reaksi itu ke dalam gelas kimia yang sudah diisi dengan air.
  • Nantinya tabung reaksi itu harus dipanaskan menggunakan alat pembakaran seperti kompor maupun heater.

Perlu diingat bahwa ketika sedang melakukan penelitian menggunakan tabung reaksi tersebut hindarilah untuk memegangnya dengan tangan kosong. Di mana harus selalu mengenakan sarung tangan agar nantinya tidak terkenal dampak panas akibat reaksi kimia tersebut.

Harga Tabung Reaksi

Harga tabung reaksi bervariasi tergantung ukuran, jenis dan juga fungsinya. Rentang harganya di kisaran Rp 20.000 sampai dengan Rp 150.000.

LihatTutupKomentar